browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Data Trafik Pengunjung Blog Pada Saat Lebaran

Posted by on September 14, 2010

Pagi ini pengin sharing pengalaman mengenai trafik pengunjung pada saat lebaran.
Seperti kebiasaan pemilik blog atau web pasti akan berupaya dengan segala cara untuk mendatangkan semakin banyak pengunjung, apalagi apabila toko online semakin banyak hits maka akan semakin banyak kemungkinan pembeli yang akan memborong dagangan kita.

Toko online kami http://rafikids.net pada saat lebaran pertama mempunyai hits stat 106 dan hari kedua 162 jumlah ini turun drastis jika dibandingkan seperti hari biasanya yaitu 1500-an hits per hari.

Data ini adalah real mungkin bisa dijadikan perbandingan bagi pemilik toko online lain, jadi memang pada saat berlebaran orang memang menjalankan tali silaturahmi dan melakukan kegiatan saling maaf memaafkan, namun untuk order masih tetap ada (alhamdulilah) bahkan pada malam takbir dan hari kedua lebaran order mulai ada 1 atau 2 walaupun sudah di infokan bahwa rafikids libur.

Namun saya perhatikan ada juga toko online yang menjual baju sisa ekspor yang tidak terpengaruh hari lebaran, saya lihat hits stat mencapai 3900 pas hari lebaran dari data biasanya yg 3000-an hits per hari, mungkin memang blog tersebut punya ribuan pelanggan setia.

Tapi ada baiknya kita belajar lebih dalam mengenai hits stat atau data jumlah pengunjung yg ditampilkan dalam suatu blog sebab ternyata setelah saya pelajari data tersebut bisa direkayasa, salah satu trik yang bisa dilakukan adalah dengan mengubah stat counter tidak dimulai dari nol tetapi bisa diubah sesuai dengan angka yang diinginkan, misal kita ingin ditampilkan jumlah hits kita 2000-an hits perhari maka kita bisa setting stat counter mulai dari angka 2000 bukan dari angka “nol”.

Jadi intinya kita agar bisa lebih bijaksana dalam membaca sebuat statistik yang ditampilkan oleh sebuah web dan tentu saja tetap mengandalkan logika kita.

Bahkan sebagai info, web personal saya ini pas hari lebaran hanya dikunjungi 1 hits saja dari yang biasanya sekita 20 an hits per hari

Untuk lebih pasnya karena independen bisa dilihat di link http://www.trafficestimate.com/  kemudian masukkan nama blog atau web yang akan kita liat traffik pengunjungnya, misalkan “rafikids” maka akan muncul ulasan mengenai blog tersebut, sehingga hasilnya lebih independen dalam meng-capture jumlah pengunjung ke web tersebut

berikut hasil capture blog rafikids

“This website has an estimated 50,800 monthly visits. According to Alexa, Rafikids.wordpress has a worldwide rank of 513,845, and has 19 external websites linking to it”

Tampilan Trafficestimate

Namun apabila suatu blog atau web belum banyak pengunjungnya maka pada saat “search” nama web yang akan kita cari tersebut tidak ditemukan karena belum terlalu banyak pengunjung, atau intinya site tersebut akan men-display web yang sudah terindex bagus di alexa

Google Alexa Rank

Semoga anda terinspirasi
Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *