browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Jangan Buat Supplier Anda Cemas

Posted by on March 24, 2011

Seiring berjalan nya waktu toko online kami, alhamdulillah ada beberapa supplier baju anak yang secara konitnue menawari barang dagangan ke kami.

Supplier bagi Rafikids mempunyai peran yang sangat strategis, merekalah yang memberikan denyut dan nafas bagi kehidupan pengelolaan toko online kami

Terkadang rekan rekan supplier mengirim barang terkadang sampai larut malam, ada yang sore hari ada juga yang jam 22.00, karena jumlah barang yg dikirim terkdang belum pasti dan di sisi lain kami juga tidak menyimpan uang cash dalam jumlah banyak, maka tak jarang saya harus malem malem ke ATM di Depok Town Centre yang berlokasi di depan perumahan kami untuk ambil uang cash.

Pernah suatu kali jam 21.00 walapun sudah malam dan hujan saya harus bersepeda motor ke ATM agar bisa membayar cash ke supplier

memang nya gak bisa dibayar tempo….? mungkin pembaca ada yg bertanya seperti itu….

Sebenarnya bisa sih dibayar esok harinya via transfer bank, namun demi menjaga hubungan baik dan kepercayaan suplier maka saya usahakan pembelian secara cash and carry.

Salah satu motto saya dalam mengelola toko online adalah ” jangan bikin supplier anda cemas”,

 

Supplier - Partner

 

Apabila pada saat kita belanja tidak membawa uang yg cukup segeralah melakukan pembayaran walaupun via transfer bank, karena dalam berdagang kepercayaan adalah hal yg utama

Pertanyaan berikutnya …”kalo gak punya uang cash gimana ya…”

Sebelum membeli barang pastikan kita punya pangsa pasar dan daya serapnya, syukur syukur itu barang sudah ada yg pesan duluan atau malahan ada yg kasih uang muka…

Pastikan juga mutu atau kualitas barang, biasanya barang dengan merk terkenal lebih mudah menjualnya melalui toko online, karena tentu saja barang ber-merk sudah punya komunitas nya sendiri

Dengan memperhituungkan kualitas barang dan pangsa pasar cash flow kita bisa menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Apabila kita salah perhitungan maka akibatnya barang akan menumpuk di toko dan berkibat buruk bagi cash flow kita, aliran uang (cash flow) dalam dunia perdagangan adalah seperti aliran darah dalam tubuh kita. Apabila jantung berhenti berdetak, maka tidak ada organ yg mempompa aliran darah kita…dan tentu saja berdampak fatal yaitu kematian (baca: dalam dunia usaha bangkrut)

Jika barang dari supplier kita tidak mempunyai kualitas bagus jangan dipaksakan untuk membelinya, kalo pun toh harus membeli jangan beli dalam jumlah banyak.

 

Tahapan Fungsi Strategic Supplier

 

Sekali lagi mungkin yg harus ditekankan dalam tulisan ini adalah “kepercayaan”, supplier kita sebenarnya adalah bagian dari satu tim, jadi sebagai satu tim harus ada hubungan yang baik, selaras dan serasi.

Jangan sampai hubungan kita dengan supplier menjadi pudar hanya karena kita tidak membayar barang dagangan yang sudah kita beli.

Semoga bermanfaat

salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *