browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Perlunya”Energi Positif” Dalam Mengelola Toko Online

Posted by on April 15, 2011

Pengalaman berjualan online memberi warna sendiri dalam kehidupan saya, menjadi pedagang sebenarnya adalah sebuah pilihan hidup, namun setelah saya alami dan renungkan menjadi pedagang memberi hikmah yang mendalam.

Hikmah yang saya maksud di sini adalah semakin meningkatnya keimanan kita terhadap Allah SWT selain tetntu saja mendapat keuntungan berupa harta / uang.

Kok bisa ya….dengan berdagang iman kita meningkat…?

Dalam tulisan singkat ini akan saya  bahas secara singkat hal tsb.

Berdagang sebenarnya adalah jalan kita untuk mencari rizki yang barokah, berdagang yg sejalan dengan dunia IT saat ini saya lakukan melalui online.

Toko Online RafiKids

Ibarat sebuah toko yang ramai selain kita didatangani pembeli kita juga akan di datangani supplier,  jadi selain kita menjual barang dagangan, kita nanti akan didatangi atau dihubungi oleh pihak supplier

Pengalaman 2 tahun mengelola toko online ada beberapa hal yang menarik untuk dicermati, kalo blog yang lain menampilkan bagaimana agar toko online kita berada dalam top search engine atau artikel lain membahas tentangg SEO (search Engine Optimation)  namun saya akan menceritakan perhilal non teknis dalam sebuah toko online.

Sebagai pemilik toko online terkadang saya menceritakan perihal omzet / keuntungan ke beberapa rekan / sahabat. Ada beberapa dari teman saya akhirnya membuat toko online dan terlibat baik langsung maupun tidak langsung.

Ada satu orang teman sebut saja JS sangat bersemangat sekali, sering banget bahkan tiap hari menanyakan barang yg dijual, harga pembelian dan mekanisme pengiriman barang.

Saya pun dengan senang hati men-share- pengalaman saya selama 2 tahun ini ke dia, dengan harapan kesalahan yg pernah saya lakukan jangan lagi terjadi pada dirinya.

Saya ceritakan semua pengalaman saya dengan tulus dan ikhlas walapun sebenarnya barang dangangan dia sama persis dengan jualan Rafikids, mungkin bagi beberapa orang tertentu akan enggan bercerita pengalaman  mengelola toko online dengan alasan takut tersaingi

Sejujurnya JS sangat bersemangat banget…dalam mencari supplier,  semangat tersebut akhirnya juga menginspirasi saya untuk mencari suppplir sampai ke “hulu”  agar mendapatkan harga yg terbaik.

Akhirnya saya buka catatan lama perihal orang-orang yg pernah menawarkan barang dagangan atau pihak yg pernah menghubungi Rafikids untuk bekerjasama. Karena sejujurnya selama 2 tahun ini Rafikids sudah berada dalam ‘zona nyaman’ shg tidak mencari supllier lain selain yg ada saat ini.

Dan akhirnya alhamdulillah Rafikids menemukan dan bermitra dengan beberapa supplier baru dengan menawarkan barang dangangan yg lebih variatif dan harga yg lebih kompetitif

Berdoa.........

Satu pelajaran yg bisa kita ambil dari cerita di atas adalah ”

“kita harus mau berbagi cerita pengalaman untuk orang lain agar sama sama bisa berkembang dan maju dalam dunia berdagang”

“kita harus tulus dan ihklas dalam membantu sesama”

“kita harus membukakan pintu rejeki bagi orang lain, karena jk kita membukakan pintu rejeki orang lain, kita akan dibukakan pintu rizki oleh Allah SWT”

Kesemua hal di atas adalah energi positif yg harus kita tebarkan, contoh di atas adalah pada saat kita memberikan energi postif ke teman JS, maka energi positif tersebut melalui alam semesta (barokah) akan kembali pada diri kita.

Jadi dengan semakin banyak kita memberikan energi positif bagi alam semesta, maka semakin bertambah keimanan kita, bukankah agama mengajarkan kita untuk selalu menebarkan rahmah dan kebaikan bagi semua umat manusia

Mari Berbuat Kebaikan di Dunia

Demikian sharing saya hari ini, cerita di atas adalah fenomena yg saya ambil hikmahnya pada saat saya menjadi pedagang

Semoga anda terinspirasi dan selalu berbuat kebaikan di muka bumi ini

Roni

Owner RafiKids (http://rafikids.net)

3 Responses to Perlunya”Energi Positif” Dalam Mengelola Toko Online

  1. referensi parenting indonesia

    mantap pak…..terima kasih sharingnya

  2. konita

    terima kasih sharingnya> bagus banget….

    • Rafikids

      iya bu sama sama, semoga beermanfaat, hanya sekedar sharing saja, salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *