browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Toko Online di Mata Dunia Perbankan

Posted by on October 27, 2011

Saat ini semakin banyak orang yang berprofesi sebagai pedagang online atau pemilik toko online. Bahkan ada beberapa statuin TV yang mewawancarai beberapa orang yang ikut acara “Take Him Out” suatu acara yg menampilkan beberapa orang untuk mendapatkan jodohnya.

Ketika di tanya oleh Host maka yg ditanya akan menjawab :

“saya adalah pemilik toko online

“saya pedagang online

“profesi saya adalah jual beli online”

Keberadaan Toko Online

 

Hmm….

Suatu profesi yang mulai eksist dan banyak seiring pesatnya perkembangan dunia internet.

Satu pertanyaan saya dalam hati yang baru  terjawab hari ini adalah”

“Bagaimana pekerjaan / profesi online tsb di mata perbankan”

“apakah sebagai pelaku online shop bisa dijadikan tolok  ukur dalam mengajukan pinjaman di bank”

Pertanyaan tsb lama sekali saya pendam dan pagi tadi saya sempat diskusi dengan salah satu karyawan bagian kredit salah satu bank ternama di tanah air.

“Pak kira kira profesi pedagang online apakah bisa dijadikan referensi utk mengajukan kredit di bank”

Begitu pertanyaan saya untuk membuka diskusi :

Petugas Bank Menjawab : “ Memang benar pak saat ini mulai banyak orang yg berprofesi sebagai pedagang atau pemilik toko online, namun maaf di sistem perbankan kita belum bisa mengadop profesi tsb sebagai salah satu bidang pekerjaan untuk bisa mendapatkan kredit dari bank kami, disamping itu regulasi perbankan di Indonesia belum siap terhap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk didalamnya jual beli menggunakan internet”

“Walapun seorang pedagang online bisa menjukkan lokasi , stok barang, dan rekening korang tabungan yg dia punya apakah tidak bisa mjd bahan pertimbangan ? tanyaku penasaran

“Iya pak mohon maaf hal tsb belum bisa dijadikan referensi sebagai profesi untuk mengajukan kredit di bank” jawab petugas Bank

Dunia Perbankan

Kesimpulan dari cerita di atas adalah bahwa saat ini apabila sebagai pedagang online atau pemilik toko online grosir baju anak branded ternyata blm bisa diakui eksistensi nya di mata dunia perbankan.

Duni perbankan masih melihat profesi dari sisi legalitas (SK, NPWP) dan eksistensi perusahaan atau profesionalismen dunia kerja kita (BUMN, Swasta, Dokter, Notaris dll)

Jadi sabar aja ya apabila kita mulai merintis profesi di dunia online namun blm diakui eksisteni kita di dunia perbankan.

Semoga kedepan profesi pedagang online bisa dijadikan salah satu profesi untuk bisa mengajukan kredit di perbankan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *