browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Rahasia Toko Online

Posted by on November 3, 2013

Bila Anda membangun toko online Anda sepuluh tahun lalu, maka sangatlah mudah untuk menjadi sukses ketimbang sekarang. Jika Anda mempunyai produk-produk untuk dijual, kemudian mulai membangun website, memahami bagaimana cara agar Google dapat melihat situs Anda, dapat mengirimkan produk tersebut, Anda sangat mudah untuk berjaya.

Tetapi pada tahun 2014 nanti, Anda haruslah mengambil pendekatan secara logika terhadap strategi bisnis Anda. Secara virtual, di dalam internet sana tidak ada lagi yang dinamakan “barang unik”. Semua produk mempunyai barang substitusi masing-masing dan konsumen dapat dengan mudah mencari barang tersebut di toko yang berbeda-beda.

Terdapat tiga strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan omzet toko online Anda:

1. Memperoleh Pelanggan Baru

Setiap bisnis e-commerce dapat dikatakan selalu mencari pelanggan baru. Jika Anda memang benar-benar fokus dalam usaha ini, ada beberapa cara baru untuk menggaet pelanggan:

  • Berilah pelanggan Anda yang sudah ada beberapa bonus jika dapat menemukan pelanggan melalui teman-teman mereka, bisa juga lewat e-mailsocial media, dan lain-lain.
  • Perbanyak iklan. Mulai dari iklan bayar-per-klik, iklan konten, dan lain-lain. Ingat, Anda harus menganalisa iklan mana yang paling efektif untuk toko Anda, sehingga Anda tidak akan membuang uang terlalu banyak untuk itu.
  • Buatlah sebuah kontes di Facebook untuk menambah pelanggan e-mail produk toko Anda, perbanyak membuat blog, nge-tweet tentang produk baru atau produk yang spesial, dan perluas followers dan fans Anda.
  • Positioning baru: Ciptakan sebuah kampanye marketing dengan tampilan yang fresh dan berbeda, yang dapat menggaet segmen pasar yang berbeda dari yang sudah ada selama ini. Anda juga dapat memperbarui tampilan website Anda dan mintalah beberapa media untuk meliput toko Anda.

2. Membidik Pasar Baru

“Pasar baru” yang dimaksud disini adalah pelanggan baru yang secara keseluruhan tidak mengetahui bahwa toko online Anda ada.

Dalam beberapa kasus, pasar yang baru ini dapat dijangkau dengan membuka toko baru. Dalam kasus lainnya, seperti membidik pasar luar negeri, yang harus Anda lakukan hanyalah mengubah bahasa website Anda dengan bahasa penduduk setempat.

  • Overseas market atau pasar luar negeri. Menyediakan beberapa bahasa untuk situs belanja Anda dan menyebarkan informasi mengenai toko Anda melalui iklan adalah salah satu cara untuk menjangkau pasar ini. Untuk negara yang mempunyai dasar bahasa Inggris, akan semakin mudah untuk Anda untuk menjangkaunya. Anda tinggal menyiapkan pengiriman produk Anda, beberapa proses custom, dan memahami kebiasaan orang-orang disana.
  • Niche market. Anda dapat memperluas penawaran Anda melalui niche market dan membuka toko baru hanya untuk melayani hal tersebut.
  • Broader market. Jika Anda mempunyai niche store, pertimbangkan untuk memperluasnya melalui broader market.
  • Grosir atau ritel? Banyak toko online yang menyediakan pelayanan grosir dan ritel untuk mengejar peluang lain di pasar. Perjelaslah perbedaan kedua macam penjualan ini, yang lebih dari sekedar perbedaan harga.
  • Mobile. Banyak orang yang mulai berbelanja melalui smartphone mereka. Anda akan kehilangan banyak peluang jika tidak mulai berjualan lewat sana.
  • Juallah melalui channel baru. Perluas penawaran produk Anda melalui beberapa platform e-commercelain, seperti Amazon, Buy.com, Overstock.com, bahkan eBay.

Keuntungan membidik pasar baru ini adalah dampaknya yang mungkin sangat besar dibandingkan tokoonline yang biasanya. Kerugiannya, dalam sisi investasi mungkin membutuhkan biaya besar dan berisiko tinggi.

3. Jual Lebih Banyak Kepada Pelanggan Lama

Penjual terkadang terlalu fokus untuk menjaring konsumen baru dan melupakan ada ribuan pelanggan lama yang telah membeli kepada mereka. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menambah omzet dari pelanggan yang sudah ada. Kebanyakan membutuhkan sedikit investasi.

  • Re-marketingE-mail katalog adalah cara yang ampuh untuk melakukan re-marketing. Anda dapat mengirimkan e-mail promosi di dalam e-mail transaksi dan konfirmasi pembayaran.
  • Program loyalitas. Tawarkan pelanggan setia Anda beberapa ‘godaan’. Berilah sesuatu yang sederhana seperti free ongkir pada hari atau minggu yang sama. Anda juga dapat menawarkan kepada pelanggan yang berbelanja dalam batas tertentu beberapa bonus tambahan.
  • Penawaran harian. Tawarkan pula penawaran harian agar toko Anda tetap diamati oleh pelanggan setiap harinya dan menguatkan brand toko Anda. Hal ini akan meningkatkan transaksi di dalam toko Anda, meskipun mereka mungkin tidak tertarik dengan penawaran harian Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *